Selasa, 04 Mei 2010

MEMURNIKAN TAUHID, MENJAUHI SYIRIK


Inti ajaran Islam adalah tauhid. Yakni tidak menyem-bah kepada selain Allah. Dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun. Tauhid akan menentukan kemuslim-an seseorang. Muslim adalah seorang yang bertauhid dan beriman kepada seluruh bagian dari aqidah Islam. Tauhid pula yang akan menentukan apakah seseorang akan menjadi ahli surga atau ahlu an-Naar. Dalam masalah tauhid hanya ada dua kemungkinan : iman atau kafir dan tauhid atau syirik. Tidak ada kemungkinan ketiga atau tengah-tengah diantara keduanya.

Memurnikan tauhid

Menjadi kewajiban setiap muslim untuk senantiasa memantapkan dan memurnikan tauhidnya dengan cara menjauhi syirik.


إِنَّمَا تَعْبُدُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ أَوْثَانًا وَتَخْلُقُونَ إِفْكًا إِنَّ الَّذِينَ تَعْبُدُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ لَا يَمْلِكُونَ لَكُمْ رِزْقًا فَابْتَغُوا عِنْدَ اللَّهِ الرِّزْقَ وَاعْبُدُوهُ وَاشْكُرُوا لَه إِلَيْهِ تُرْجَعُونَ
“Sesungguhnya apa yang kamu sembah selain Allah itu hanyalah berhala dan kamu membuat dusta. Sesungguhnya yang kamu sembah selain Allah itu tidak mampu memberi rizki kepadamu, karena itu carilah rizki itu disisi Allah dan sembahlah Dia serta bersyukurlah kepada-Nya. Hanya kepada-Nya lah kamu akan dikembalikan.” (QS. al-Ankabut [29] : 17)


وَمَنْ أَضَلُّ مِمَّنْ يَدْعُو مِنْ دُونِ اللَّهِ مَنْ لَا يَسْتَجِيبُ لَهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَهُمْ عَنْ دُعَائِهِمْ غَافِلُونَ(5)وَإِذَا حُشِرَ النَّاسُ كَانُوا لَهُمْ أَعْدَاءً وَكَانُوا بِعِبَادَتِهِمْ كَافِرِينَ(6)
“Dan siapakah yang lebih sesat daripada orang yang menyembah sembahan-sembahan selain Allah yang tidak dapat memperkenankan (do’a)nya sampai hari kiamat dan mereka lalai dari memperhatikan do’a mereka. Dan apabila manusia dikumpulkan (pada hari kiamat) niscaya sembahan-sembahan itu menjadi musuh mereka dan mengingkari pemujaan-pemujaan mereka” (QS. al-Ahqaf [46] : 5-6)


أَمَّنْ يُجِيبُ الْمُضْطَرَّ إِذَا دَعَاهُ وَيَكْشِفُ السُّوءَ وَيَجْعَلُكُمْ خُلَفَاءَ الْأَرْضِ أَئِلَهٌ مَعَ اللَّهِ قَلِيلًا مَا تَذَكَّرُونَ
“Atau siapakah yang memperkenankan (do’a) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdo’a kepada-Nya dan yang menghilangkan kesusahannya serta yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah disamping Allah ada Rab yang lain? Amatlah sedikit kamu mengingat-Nya.” (QS. an-Naml [27] : 62)

Syirik

Berbagai macam bentuk syirik pernah dilakukan oleh manusia di masa Rasulullah. Dalam bentuk sedikit berbeda, syirik juga dilakukan oleh orang-orang yang katanya modern sekarang ini. Seperti penggunaan benda-benda tertentu (keris, patung gajah, guci, bunga, kemenyan, batu akik, susuk dan sebagainya) sebagai penolak balak atau pendatang keberuntungan dan rizki. Juga kepercayaan terhadap ramalan, termasuk ramalan bintang (astrologi); lalu kepercayaan terhadap hubungan antara bentuk arah rumah, pintu, jendela, tanggal pembangunan rumah bahkan warna cat dengan kebahagiaan, keselamatan dan kelapangan rizki. Ini yang dikenal dengan Hongsui. Ada juga kepercayaan terhadap hari baik dan hari sial. Perbuatan syirik semacam itu agaknya akan terus dilakukan oleh manusia hingga hari kiamat, kendati bentuknya berbeda-beda dari waktu-kewaktu.
Dilihat dari intensitas kemusyrikannya, syirik dapat dibagi menjadi dua : syirik besar dan syirik kecil. Syirik besar (al-syirku al-akbar) menurut as-Sa’adi dalam kitab al-Qaulu al-sadid diartikan : menjadikan bagi Allah sekutu (niddan) yang dia berdo’a kepadanya seperti berdo’a kepada Allah, takut, harap dan cinta kepadanya seperti kepada Allah atau melakukan suatu bentuk ibadah kepadanya seperti ibadah kepada Allah. Syirik besar ada yang bersifat dzahirun jaliyun (tampak nyata) seperti menyembah berhala, matahari, bulan bintang, benda-benda tertentu atau mempertuhankan Isa al-Masih, dsb. Ada pula yang bersifat bathinun khafiyun (tersembunyi) seperti berdo’a kepada orang yang sudah meninggal, meminta pertolongan kepadanya, minta disembuh dari penyakit, dihindarkan dari bahaya, dsb.
Sementara syirik kecil (al-Syirku al-Asghor) mencakup semua perkataan dan perbuatan yang akan membawa seseorang kepada kemusyrikan selain syirik besar.
Syirik kecil bila terus menerus dilakukan bisa menjerumuskan pelakunya kepada syirik besar. Diantara perbuatan yang termasuk syirik kecil adalah :
1. Bersumpah dengan selain Allah

“Barang siapa yang bersumpah selain nama Allah dia telah kufur atau syirik.” (HR. at-Tirmidzi)

2. Memakai Jimat

“Barang siapa yang menggantung diri pada tangkal maka Allah tidak akan menyempurnakan (Imannya), dan barang siapa yang menggantungkan diri kepada azimat maka Allah tidak akan mempercayakan kepadanya.” (HR. Ahmad)


“Bahwasannya Rasulullah pernah melihat seseorang memakai gelang kuningan di tangannya. Beliau bertanya :’Apakah ini?’, ‘Penolak lemah’, jawab orang itu. Maka Nabi berkata : ‘Lepaskanlah, karena dia hanya akan menambah penyakit dan kalau kamu mati dengan gelang itu masih melekat ditubuhmu, niscaya kamu tidak akan bahagia selama-lamanya (masuk neraka).” (HR. Ahmad)


“Bahwasannya Rasullah melihat seseorang memakai benang ditangannya guna menolak sakit panas, maka benang itu diputuskannya seraya membacakan firman Allah, ‘Dan kebanyakan mereka tidak beriman kepada Allah, kecuali mereka itu hanyalah orang-orang musyrik.’ (QS. Yusuf [12] : 106).” (HR. Ahmad)


“Barang siapa yang menggantungkan diri pada azimat maka dia telah berbuat syirik.” (HR. Ahmad)


“Sesungguhnya mantra, azimat dan guna-guna itu adalah perbuatan syirik.” (HR. Ibnu Hibban)


3. Sihir


“Barang siapa yang membuat satu simpul kemudian dia meniupinya, maka sungguh ia telah menyihir. Barang siapa menyihir, sungguh ia terlah berbuat syirik.” (HR. Nasai)


4. Astrologi/Ramalan


“Barang siapa yang mempelajari salah satu cabang dari perbintangan, maka dia telah mempelajari sihir.” (HR. Abu Dawud)


“Allah telah menciptakan bintang ini untuk tiga keperluan, yakni hiasan langit, pelempar setan dan tanda-tanda untuk penunjuk arah. Barang siapa mentakwilkan bintang-bintang itu diluar ketiga hal itu, maka ia telah melakukan kesalahan, berbuat sia-sia dan telah menyia-nyiakan nasibnya serta memaksakan dirinya pada sesuatu tanpa dasar ilmu pengetahuan.” (HR. Bukhari)


“Thiyarah (penentuan nasib dengan burung) itu adalah syirik, thiyarah itu adalah syirik.” (HR. Tirmidzi)


5. Bernazar kepada selain Allah


“Barangsiapa yang bernazar untuk berbuat taat kepada Allah maka hendaklah dia laksanakan nazarnya itu, dan barang siapa bernazar untuk mendurhakai Allah, maka janganlah dia mendurhakai-Nya” (HR. Bukhari)


Menyembelih binatang atau persembahan korban kepada selain Allah.


“Dari Ali, Rasulullah bersabda kepadaku dengan empat kalimat, yaitu Allah melaknat orang yang menyembelih untuk selain Allah, Allah melaknat orang yang melaknat kedua orang tuanya, Allah melaknat orang yang melindungi penjahat dan Allah melaknat orang yang mengubah batas tanah miliknya.” (HR. Muslim)


6. Riya’


“Sesungguhnya sesuatu yang paling aku takuti terjadi pada kalian adalah al-Syirku al-Asghar (syirik kecil). Sahabat bertanya, apa syirik kecil itu, ya Rasulullah? Rasulullah menjawab, Riya.” (HR. Ahmad)


7. Ikut-ikutan

Syirik dalam berbagai bentuknya, jelas-jelas sangat ditentang Islam. Syirik adalah lawan dari tauhid. Islam ingin menegakkan tauhid seraya memerangi syirik. Tapi mengapa banyak orang yang melakukan syirik dan mempercayai segenap ramalan, sihir, kepercayaan tanpa dasar terhadap ulasan-ulasan semacam hongsui dan fengsui/ Jawabnya selain miskinnya tauhid, juga karena ikut-ikutan. Hampir bisa dipastikan bahwa perbuatan yang tidak rasional itu berkembang dari mulut ke mulut, dari orang ke orang, lantas bila berkembang semakin massif, kebiasaan itu berubah menjadi tradisi yang cenderung akan dipertahankan terus menerus secara turun menurun. Maka, ketika orang melakukan itu semua bukan lagi atas dasar pertimbangan ilmu dan akal sehat, tetapi semata tradisi. Kecenderungan semacam ini memang terjadi sejak dulu. Sebagaimana firman Allah :

“Dan bacakanlah kepada mereka kisah Ibrahim. Ketika ia berkata kepada bapaknya dan kaumnya : ‘Apakah yang kamu sembah?’ Mereka menjawab, ‘Kami menyembah berhala dan kami senantiasa tekun menyembahnya’ Berkata Ibrahim : ‘Apakah berhala-hala itu mendengar (do’a)mu sewaktu kamu berdo’a (kepadanya), atau dapatkah mereka memberi manfaat kepadamu atau memberi mudharat?’ Mereka menjawab : ‘(bukan karena itu) sebenarnya kami mendapti nenek moyang kami telah berbuat demikian.” (QS. as-Syu’ara [ ] : 69-74)


Neraka Balasannya

Jelas, syirik adalah dosa amat besar yang tidak terampunkan dosanya disisi Allah. Karena siapa saja yang melakukan syirik, hakekatnya idak ada lagi tauhid didalam dirinya.

“Barang siap yang datang kpada ‘Arraf (peramal) atau kepada kahin (dukun) dan ia membenarkan apa yang dikatakannya, maka berarti ia telah kafir terhadap wahyu yang diturunkan kepada Nabi Muhammad” (HR.Empat Sunan)


Telah kafir terhadap wahyu, wahyu yang mana/ Tentu semua wahyu yang terdapat dalam al-Qur’an maupun al-hadits. Beberapa diantaranya, adalah:


“…. Ketahuilah, sesungguhnya kesialan mereka itu adalah ketetapan dari Allah, akan tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui” (QS. al-A’raf [ ] : 131)


“Sesungguhnya Rabbmu melapangkan rizki kepada siap yang Dia kehendaki dan menyempitkannya. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui lagi Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya” (QS. al-Isra’ [ ] : 30)


“Dan janganlah kamu menyembah apapun yang tidak memberi manfaat dan juga tidak memberi mudharat kepadamu selain Allah. Sebab jika kamu melakukan hal demikian itu sesungguhnya kamu termasuk orang yang zalim. Jika Allah menimmpakan sesuatu kemudharatan kepadamu, maka tidak ada yang dapat menghilangkannya selain Dia. Dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu, maka tidak ada yang dapat menolak Karuna-Nya. Dia memberikan kebaikan itu kepada siapa saja yang dikehendaki-Nya. Dan Dia-lah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (QS. Yunus [ ] : 106-107).


Maka resiko syirik sangat berat, dari “yang paling ringan” tertolak ibadah sholatnya selama 40 haridan semua amal baiknya, dihukum didunia dengan cara dipenggal lehernya, hingga yang terbrat divonis sebagai ahli neraka karena dosa yang terampuni tadi.


“Barang siapa datang kepada tukang ramal, kemudian bertanya tentang sesuatu dan membenarkan apa yang dikatakannya, tidak akan diterima shalatnya selama 40 hari” (HR.Muslim)


“Akulah yang paling tidak memerlukan sekutu, barang siapa yang melakukan amalan yang menyekutukan Aku dengan yang lain, maka Aku berlepas diri darinya, maka amalannya itu untuk sekutu itu” (Hadits Qudsi Riwayat Muslim)


“Jauhilah tujuh perkara yang merusak”. Para sahabat bertanya, “Apakah ketujuh perkara itu, ya Rasulallah?” Rasulullah menjawab: “Menyekutukan Allah, sihir, membunuh jiwa yang diharamkan Allah kecuali secara haq, makan riba, makan harta anak yatim, meninggalkan medan perang, dan menuduh zinah terhadap wanita yang suci” (HR. Bukhari Muslim)


“Hukuman buat tukang sihir adalah dipenggal lehernya” (HR. Tirmizi)


“Barang siapa menghadap Allah dalam keadaan tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun, maka dia masuk surga; dan barangsiapa menghadap Allah dalam keadaan mempersekutukan-Nya maka dia akan masuk neraka” (HR. Muslim)


“Tiga (macam) yang tidak akan masuk surga, yakni pemabuk, pemuts hubungan silaturahmi dan orang yang membenarkan (mempercayai) sihir” (HR.Ahmad)


“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dpsa syirki, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barang siapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar” (QS. an-Nisa [ ] : 4)


“Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya adalah neraka, tidak ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolong” (QS. al-Maidah [ ] : 72)



Yang Paling Baik

Bila demikian, apa yang terbaik harus kita lakukan? Sesuai petunjuk al-Qur’an, yang terbaik adalah senatiasa memurnikan tauhid dan membersihkan dari syirik. Bila secara sengaja atau tidaj sengaja, kita pernah melakukan syirik, segera tinggalkan syirik itu dan bertobat. Pintu tobat masih terbuka untuk semua bentuk kesalahan selama ajal belum menjelang. Dan Allah pasti akan menerima tobat dari siapapun yang sungguh-sungguh bertobat.

“Katakanlah : Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha pengampun lagi Maha Penyayang” (QS. az-Zumar [ ] : 53)


Sikap terbaik berikutnya adalah tawakal. Tawakal muncul dari keyakinan seorang muslim terhadap qudrah (kekuasaan) dan iradah (kehendak) Allah. Bahawabila Allah berkehendak menimpakan kemudharatan, tak satupun yang dapat menghindarkannya selain Dia, dan bila Allah menghendaki karunia maka tak satupun juga yang dapat menolaknya. Di akhirat nanti, atas mudharat ataupun manfaat yang kita terima, tidak akan dimintai pertanggungjawaban.

Selain itu, secara rasional kita berusaha menempuh jalan terbaik, disertai do’a agar kita mendapat karunia dan dihindarkan dari bencana. Setelah itu, yang harus pula kita lakukan adalah optimis. Bahwa kita mendapatkan yang terbaik dalam hidup ini. Kalaulah sekali waktu mendapatkan mudharat, sepanjang kita menjalani hidup dengan landasan aqidah islam dan ketaatan pada Allah, niscaya kebaikan akan diperoleh di akhirat secara kekal. Ingatlah kata Rasulullah,

“Yang paling baik adalah rasa optimis, dan optimis itu tidak akan menggagalkan orang Isalm. Maka jika seseorang diantara kamu melihat sesuatu yang tidak menyenangkan, ucapkanlah: “Allahumma la ya’ti bi al hasanati illa anta, wa la yadfau al-sayyiati illa anta, wa la hawla wal quwwata illa bika” (Ya Allah, hanya Engkau Yang Maha mendatangkan kebaikan-kebaikan dan hanya Engkau pula Yang Maha menolak segala ketidakbaikan. Tidak ada daya dan tidak ada kekuatan kecuali hanya karena-Mu” (HR. Abu Dawud)

1 komentar: